Kamis, 10 Mei 2012

Elemen Siklus Pemrosesan Informasi


Elemen Siklus Pemrosesan Informasi
1.       Data dan Informasi
Dalam proses  kehidupan manusia sehari-hari, kita serng dihadapkan dengan banyak data. Ada data tentang pribadi, data tentang keluarga, data tentang masyarakat, data suatu kantor, maupun data lainnya. Dengan demikian, data diartikan suatu kumpulan dari kejadian-kejadian yang ditulis(dicatat) dari suatu keadaan atau peristiwa nyata yang terjadi di lapangan.
Suatu data akan lebih berarti jika di susun secara baik, benar, dan sistematis. Tujuan dari kegiatan penyusunan data adalah untuk mendapatkan informasi secara tepat dan akurat. Dengan demikian, informasi dapat diartikan suatu hasil dari kegiatan pengolahan data yang lebih berarti dari suatu kejadian, keadaan, peristiwa yang masih berbentuk data mentah. Bentuk infomasi yang dapat dihasilkan oleh komputer adalah berupa teks, angka, symbol-simbol, suara, sinyal, dan grafik.

2.       Siklus Proses Informasi
Data merupakan bentuk informasi yang masih mentah, belum mempunyai makna yang sempurna sehingga diperlukan pengolahan, dan pemrosesan untuk mendapatkan informasi yang akurat. Untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan apa yang diharapkan maka diperlukan factor-faktor pendukung, yakni data mentah dan proses pembuatannya.
Siklus proses informasi secara umum dapat dibedakan menjadi tiga tahapan, yaitu tahap pengumpulan data(bahan baku), tahap pengolahan(pemrosesan), dan tahap penyelesaian atau hasil.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar