Sabtu, 12 Mei 2012

Contoh paragraf Generalisasi, analogi, dan sebab-akibat

1. Contoh  paragraf Generalisasi :
RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia yang mungkin kurang banyak dikenal oleh khalayak Internet Indonesia di tahun 2000 ini. Masing-masing personal telah mengkontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia. Pada waktu itu di awal tahun 1990-an jaringan Internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network. Semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa diantara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia hari ini yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktifitasnya terutama yang melibatkan perdagangan Internet.

2. Contoh Paragraf Analogi

Menjadi mahasiswa di bidang komputer pada khususnya atau mahasiswa di bidang lain pada umumnya, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan komputer itu sendiri, komputer diciptakan untuk mampu mengerjakan banyak tugas (multi tasking), bersifat real-time, tidak bisa dipaksakan. Mahasiswa yang menuntut ilmu di bidang komputer juga dituntut bekerja dengan sistem yang sama seperti komputer.


  • Multi tasking; harus mengerjakan bermacam-macam tugas dalam 1 waktu, seperti ngoding sambil membuat analisis, atau mengerjakan makalah sambil twitter-an :p.
  • Bersifat real-time, seperti dikejar deadline tugas, atau deadline PI...
  • Yang terakhir... mungkin tidak bisa dipaksakan, ini hanya asumsi saya selama hampir 3 tahun saya menjadi mahasiswa, saya dituntut banyak mengerjakan sesuatu, tetapi semua pekerjaan itu tidak bisa dipaksakan, harus ada mood atau kemauan yang kuat untuk bekerja, hampir teman-teman saya yang notabenenya mahasiswa juga setuju kalau mood untuk mengerjakan sesuatu itu tidak bisa dipaksakan, begitu juga dengan komputer, bayangkan kamu bermain komputer selama 2-3 non-stop, apa yang terjadi ? : D
3. Contoh Paragraf Kausalitas (sebab-akibat)

Banyak mahasiswa yang mengulang suatu mata kuliah dikarenakan banyaknya absen di mata kuliah tersebut, cukup banyak mahasiswa yang gampang terbuai dengan ajakan-ajakan bolos dari teman-teman seperjuangannya, dengan alasan "nanti pulang sore lho, ngantri transjakarta-nya lama" atau "dosen itu mah gak ngitung absen, santai aja". Akibatnya, mahasiswa tersebut harus membayar sejumlah uang untuk sks tambahan, karena harus mengikuti mata kuliah yang wajib diulang.


Sumber : http://hendryagata.blogspot.com/2012/05/contoh-paragraf-generalisasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar