Kamis, 22 Desember 2011


Blog

Sebuah blog adalah buku harian pribadi. Mimbar anda setiap hari. Kotak sabun politik. Outlet berita terkini. Koleksi link. Pikiran pribadi anda sendiri. Catatan untuk dunia. Blog anda menjadi apapun yang anda inginkan.

Dalam terminology sederhana, sebuah blog adalah sebuah situs web, di mana anda menuliskan hal-hal yang berbasis peristiwa yang sedang berlangsung.

Langkah pertama
Membuat sebuah account baru di Blogger diperlukan alamat email yang masih aktif/berlaku. Kemudian isi data berupa password. Isi pula “Display Name”,Word Verification, lalu sepakati Acceptance of Term dengan memberi cek pada kolom yang disediakan. Lanjutkan dengan klik tombol Continue

Langkah kedua
Tentukan nama dan alamat blog anda pada kolom “Blog Title” dan “Blog address (URL)”. Klik tombol “Continue” untuk lanjut.

Langkah ketiga
Pilih template untuk blog anda. Bila pilihannya tidak ada yang berkenan, anda dapat menggantinya setelah blog jadi.

Step posting
Sekarang anda telah memiliki sebuah blog pribadi. Tekan tombol “Start Posting” untuk memulai mengisi blog.

Posting/Mengirim Artikel
Berikan judul dan ketik isi blog pada kolom yang tersedia. Setelah selesai klik publish untuk mempublikasikan tulisan tersebut. Untuk melihat tampilan blog terlebih dahulu klik preview/pratinjau.

Mengubah Template & Mempercantik Blog
Untuk mengganti template supaya terkihat cantik dan enak dipandang dibawah langkah2nya:
  1. Dari Dashboard pilhlah menu “Template”. Selanjutnya pilih tab “Edit HTML”. Berpindahlah ke tab Custumize Design. Klik tombol “Upgrade Your Template” dan pilih salah satu template yang ada, kemudian klik tombol save Template.
  2. Untuk mendapatkan template baru, anda bisa mendapatkannya di website seperti:
http://www.isnaini.com, http://www.blogskins.com, http://pannasmontata-template.net, dan http://www.freeblogspottemplates.blogspot.com atau gunakan search engine untuk mencari website penyedia template gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar